Seperti Apa Sih Postingan yang Bagus ?

Banyak pengguna blog yang bertanya tanya tentang hal itu. Memang benar, bagus tidaknya sebuah postingan bisa jadi sangat subjektif. Bagi pembaca H mungkin sangat bagus. Namun bagi pembaca I sangat biasa, cenderung tak ada apa-apanya. Meski begitu tetap ada standarnya.

Juan L Mercado, seorang wartawan senior memberi petuah singkat, buatlah postingan yang sederhana. Menurut dia, untuk bisa menulis secara sederhana diperlukan dua hal: pengetahuan  tentang teknik menulis dan penerapan teknis menulis itu secara tekun.

1. Menulis untuk mengungkapkan, bukan untuk mempengaruhi

Kita meulis karena memilik fakta untuk dilaporkan atau pendapat untuk disampaikan. Kita menginginkan supaya pembaca memahami apa yang ingin kita komunikasikan. Untuk itu kita harus bisa menyampaikan dengan cepat, ringkas dan efektif. Lupakan pesan moral untuk kali ini.

2. Berpikir dulu, baru menulis

Menulis secara jelas tidak terjadi secara kebetulan, melainkan hasil berpikir secara jelas. Apa sebenarnya yang ingin anda sampaikan? Untuk bisa berpikir lebih jelas, kita bisa membuat kerangkanya. Lalu kita mengumpulkan data-data. Selanjutnya mencari sudut pandang.

3. Pakailah kata-kata yang sudah diketahui

Salah satu cara untuk indikator postingan bagus adalah memakai kata-kata umum atau kata-kata yang sudah di ketahui. Agar pesan yang ingin kita sampaikan bisa langsung diterima pembaca tanpa mengerutkan dahi. Jika terpaksa, berilah keterangan di belakangnya atau dalam paragraf terpisah.

Semoga Bermanfaat ya…

2 thoughts on “Seperti Apa Sih Postingan yang Bagus ?

Jangan Lupa Komentarnya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s